PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI dan KOMPETENSI DASAR SD INSAN TERPADU full day school Paiton
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan
Pendidikan : SD Insan Terpadu
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : I/I
Tahun Pelajaran : 2016-2017
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
1.
Menerapkan
Hidup Rukun dalam Perbedaan
|
1.1.
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
80
|
a.
Menyebutkan perbedaan laki-laki dan perempuan
b.
Menjelaskan perbedaan agama, hari raya, dan tempat
ibadah
c.
Menyebutkan suku bangsa di indonesia
|
6x35’
|
|
1.2.
Memberikan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
|
80
|
a.
Memberikan contoh hidup rukun di rumah
b.
Memberikan contoh hidup rukun di sekolah
c.
Menjelaskan arti hidup rukun, manfaat, dan akibat
tidak adanya kerukunan
|
4x35’
|
|
1.3.
Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah
|
80
|
a.
Menerapkan hidup rukun di rumah
b.
Menerapkan hidup rukun di sekolah
|
4x35’
|
2.
Membiasakan
Tertib di Rumah dan di Sekolah
|
2.1.
Menjelaskan
pentingnya tata tertib di rumah, sekolah, dan jalan
|
80
|
a.
Menjelaskan
pengertian hidup tertib
b.
Menjelaskan
manfaat hidup tertib
c.
Menjelaskan
akibat hidup tidak tertib
d.
Menyebutkan
contoh tata tertib di dalam rumah
e.
Menyebutkan
contoh tata tertib di luar rumah (jalan)
|
8x35
|
|
2.2.
Melaksanakan
tata tertib di rumah, sekolah, dan jalan
|
80
|
a.
Melaksanakan
hidup tertib di rumah
b.
Melaksanakan
hidup tertib di sekolah
c.
Melaksanakan
hidup tertib di jalan
|
6x35’
|
Mengetahui Sumberanyar,
13 Juni 2016
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Khusaini Tamrin, S. Ag. Kholid
Usmani
PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI (SK)
KOMPETENSI
DASAR (KD)
Satuan
Pendidikan : SD Insan Terpadu
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : I/II
Tahun Pelajaran : 2016-2017
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
3.
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
3.1.
Menjelaskan
hak anak bermain, belajar dengan gembira, dan didengar pendapatnya
|
80
|
a.
menjelaskan arti hak
b.
menyebutkan hak anak di rumah
c.
menyebutkan hak anak di sekolah
d.
menjelaskan pentingnya hak anak yang terpenuhi
dengan baik
e.
menjelaskan akibat hak anak yang tidak terpenuhi
|
6x35’
|
|
3.2.
Melaksanakan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
80
|
a.
Menyebutkan hak anak yang diterima di rumah dan di
sekolah
b.
menyebutkan contoh hak anak yang terpenuhi di
sekolah
c.
menyebutkan contoh hak anak yang tidak terpenuhi
di sekolah
|
6x35’
|
4.
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
4.1.
Menaati tata
tertib di rumah dan di sekolah
|
80
|
a.
menjelaskan
arti kewajiban
b.
menyebutkan
contoh kewajiban anak di rumah dan di sekolah
c.
menjelaskan
kewajiban mematuhi tata tertib di rumah
d.
menjelaskan
kewajiban mematuhi tata tertib di sekolah
e.
menjelaskan
akibat tidak mematuhi kewajiban
|
6x35’
|
|
4.2.
melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat
|
80
|
a.
menyebutkan
contoh kewajiban yang berlaku dalam masyarakat
b.
menjelaskan
kewajiban mematuhi aturan di lingkungan
|
6x35’
|
Mengetahui Sumberanyar,
13 Juni 2016
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Khusaini Tamrin, S. Ag. Kholid
Usmani
Komentar
Posting Komentar