SILABUS
Sekolah : SD Insan Terpadu
Kelas : I (Satu)
Mata
Pelajaran : PKn
Semester : I
Standar
Kompetensi : 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.
1 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
|
Ayo Hidup Rukun
|
o
Mengamati
teman laki-laki dan teman perempuan
o
Menyebutkan
ciri anak laki-laki dan perempuan
|
o Menyebutkan ciri anak laki-laki dan perempuan
|
Tes Lisan
|
Keberanian siswa mengemukakan
jawaban
|
Sebutkan perbedaan laki-laki dan
perempuan
|
6x35’
|
1.
Buku Paket
Pkn Yudistira kelas I hal. 1-11
2.
Pengalaman
guru
3.
Lingkungan
Sekitar
|
Rukun dalam Perbedaan
|
o Mengamati gambar tempat ibadah (hal.8-9)
o Menyebutkan 5 agama yang ada di Indonesia
o Menyebutkan nama tempat ibadah sesuai dengan agamanya
o Menyebutkan nama hari raya sesuai agamanya
o Mengamati gambar pakaian adat (hal.10-11)
o Menyebutkan suku bangsa di Indonesia
|
o Mengidentifikasi macam-macam agama di Indonesia
o
Menyebutkan
suku bangsa yang ada di Indonesia
|
Tes Tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
Sebutkan 5 agama di Indonesia!
Sebutkan 3 suku bangsa yang ada di
Indonesia
|
|||
1.
2 Memberikan contoh
hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
|
Contoh hidup rukun
|
o Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah
o Menceritakan cara hidup rukun di rumah dan di sekolah
o Menyebutkan contoh hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah
|
o Mengidentifikasi cara hidup rukun di rumah dan di sekolah
o
Mengidentifikasi
cara hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
|
Sebutkan 2 contoh hidup rukun di
rumah dan di sekolah
Sebutkan 2 contoh hidup tidak
rukun di rumah dan di sekolah
|
4X35
4X35
|
1.
Buku Paket
Pkn Yudistira kelas I hal. 1-11
2.
Pengalaman
guru
3.
Lingkungan
Sekitar
|
1.
3 Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah
|
Menerapkan hidup rukun di rumah
dan di sekolah
|
o Menerapkan hidup rukun di rumah dengan anggota keluarga
o Menerapkan hidup rukun di sekolah
|
o Menunjukkan perilaku hidup rukun di rumah dan di sekolah
|
Tugas Individu
|
Penilaian unjuk kerja (keberanian
bercerita dan menyampaikan pendapat)
|
Buatlah cerita tentang pengalamanmu
hidup rukun dan hidup tidak rukun dengan saudara di rumah!
|
||
Karakter siswa yang diharapkan :
dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani
|
Mengetahui
Kepala
SD Insan Terpadu
Khusaini
Tamrin, S.Ag
|
|
Sumberanyar,
13 Juni 2016
Guru
Bidang Studi
Kholid
Usmani
|
SILABUS
Sekolah : SD Insan Terpadu
Kelas : I (Satu)
Mata
Pelajaran : PKn
Semester : I
Standar
Kompetensi : 2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.
1 Menjelaskan
pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Hidup Tertib
|
o
Menjelaskan
pengertian tertib
o
Memberikan
contoh tata tertib di rumah
o
Memberikan
contoh tata tertib di sekolah
o
Memberikan
contoh tata tertib di jalan
|
o Menjelaskan pengertian hidup tertib
|
Tes Lisan
|
Esay
|
Tertib berarti….
|
8x35’
|
1.
Buku Paket
PKn Yudhistira Kelas I hal.29-31
2.
Pengalaman
guru
3.
Lingkungan
sekitar
|
Manfaat hidup tertib
|
o Menjelaskan manfaat hidup tertib
|
o Menjelaskan manfaat hidup tertib
|
Tes Tulis
|
Esay
|
Diantara manfaat hidup tertib
adalah…..
|
|||
Akibat hidup tidak tertib
|
o
Menceritakan
akibat hidup tidak tertib di rumah, sekolah, dan jalan
|
o
Menjelaskan
akibat hidup tidak tertib
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Jika hidup tertib tidak dijaga
maka akan terjadi…..
|
|||
2.
2 Melaksanakan tata tertib di rumah, sekolah, dan jalan
|
Hidup tertib di rumah, sekolah,
dan jalan
|
o Menunjukkan perilaku tertib di pagi hari ketika di rumah
o Berperilaku tertib saat pulang dari sekolah
o Berperilaku tertib pada malam hari
o Berperilaku tertib ketika masuk sekolah
o Berperilaku tertib di dalam kelas
|
o Melaksanakan hidup tertib di rumah
o Menunjukkan perilaku hidup tertib di rumah dan di sekolah
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
|
Sepulang sekolah, aku meletakkan
sepatu di….
Anak yang tertib mengikuti upacara
dengan sikap….
|
6 x
35’
|
1.
Buku
Paket PKn Yudhistira Kelas I hal.29-31
2.
Pengalaman
guru
3.
Lingkungan
sekitar
|
Ayo tertib di jalan
|
o Berperilaku tertib di jalan raya
|
o Mematuhi rambu lalu lintas yang ada di jalan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Agar tidak mengganggu pengguna
jalan kita dianjurkan menyeberang di…
|
|||
Karakter siswa yang diharapkan :
dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani
|
Mengetahui
Kepala
SD Insan Terpadu
Khusaini
Tamrin, S.Ag
|
|
Sumberanyar,
13 Juni 2016
Guru
Bidang Studi
Kholid
Usmani
|
Komentar
Posting Komentar