SILABUS
Sekolah                       :      SD Insan Terpadu
Kelas                           :      I (Satu)
Mata Pelajaran            :      PKn
Semester                     :      I
Standar Kompetensi   :      1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.    1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Ayo Hidup Rukun
o   Mengamati teman laki-laki dan teman perempuan
o   Menyebutkan ciri anak laki-laki dan perempuan
o  Menyebutkan ciri anak laki-laki dan perempuan
Tes Lisan
Keberanian siswa mengemukakan jawaban
Sebutkan perbedaan laki-laki dan perempuan
6x35’
1.    Buku Paket Pkn Yudistira kelas I hal. 1-11
2.    Pengalaman guru
3.    Lingkungan Sekitar
Rukun dalam Perbedaan
o  Mengamati gambar tempat ibadah (hal.8-9)
o  Menyebutkan 5 agama yang ada di Indonesia
o  Menyebutkan nama tempat ibadah sesuai dengan agamanya
o  Menyebutkan nama hari raya sesuai agamanya
o  Mengamati gambar pakaian adat (hal.10-11)
o  Menyebutkan suku bangsa di Indonesia
o  Mengidentifikasi macam-macam agama di Indonesia





o  Menyebutkan suku bangsa yang ada di Indonesia
Tes Tulis







Tes tulis
Uraian







Uraian
Sebutkan 5 agama di Indonesia!






Sebutkan 3 suku bangsa yang ada di Indonesia
1.    2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Contoh hidup rukun
o  Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah
o  Menceritakan cara hidup rukun di rumah dan di sekolah
o  Menyebutkan contoh hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah
o  Mengidentifikasi cara hidup rukun di rumah dan di sekolah


o  Mengidentifikasi cara hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah
Tes tulis





Tes tulis
Jawaban singkat




Jawaban singkat
Sebutkan 2 contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah



Sebutkan 2 contoh hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah





4X35









4X35
1.    Buku Paket Pkn Yudistira kelas I hal. 1-11
2.    Pengalaman guru
3.    Lingkungan Sekitar








1.    3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
o  Menerapkan hidup rukun di rumah dengan anggota keluarga
o  Menerapkan hidup rukun di sekolah
o  Menunjukkan perilaku hidup rukun di rumah dan di sekolah
Tugas Individu
Penilaian unjuk kerja (keberanian bercerita dan menyampaikan pendapat)
Buatlah cerita tentang pengalamanmu hidup rukun dan hidup tidak rukun dengan saudara di rumah!
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani

Mengetahui
Kepala SD Insan Terpadu




Khusaini Tamrin, S.Ag

Sumberanyar, 13 Juni 2016
Guru Bidang Studi




Kholid Usmani

SILABUS
Sekolah                       :      SD Insan Terpadu
Kelas                           :      I (Satu)
Mata Pelajaran            :      PKn
Semester                     :      I
Standar Kompetensi   :      2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.    1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
Hidup Tertib
o   Menjelaskan pengertian tertib
o   Memberikan contoh tata tertib di rumah
o   Memberikan contoh tata tertib di sekolah
o   Memberikan contoh tata tertib di jalan
o  Menjelaskan pengertian hidup tertib
Tes Lisan
Esay
Tertib berarti….
8x35’


1.      Buku Paket PKn Yudhistira Kelas I hal.29-31
2.      Pengalaman guru
3.      Lingkungan sekitar
Manfaat hidup tertib
o  Menjelaskan manfaat hidup tertib

o  Menjelaskan manfaat hidup tertib

Tes Tulis





Esay





Diantara manfaat hidup tertib adalah…..
Akibat hidup tidak tertib
o   Menceritakan akibat hidup tidak tertib di rumah, sekolah, dan jalan



o  Menjelaskan akibat hidup tidak tertib
Tes tulis
Jawaban singkat
Jika hidup tertib tidak dijaga maka akan terjadi…..

2. 2 Melaksanakan tata tertib di rumah, sekolah, dan jalan
Hidup tertib di rumah, sekolah, dan jalan
o  Menunjukkan perilaku tertib di pagi hari ketika di rumah
o  Berperilaku tertib saat pulang dari sekolah
o  Berperilaku tertib pada malam hari
o  Berperilaku tertib ketika masuk sekolah
o  Berperilaku tertib di dalam kelas
o  Melaksanakan hidup tertib di rumah
o  Menunjukkan perilaku hidup tertib di rumah dan di sekolah
Tes tulis

Tes Tulis
Jawaban singkat

Jawaban singkat

Sepulang sekolah, aku meletakkan sepatu di….

Anak yang tertib mengikuti upacara dengan sikap….



6 x 35’
1.      Buku Paket PKn Yudhistira Kelas I hal.29-31
2.      Pengalaman guru
3.      Lingkungan sekitar
Ayo tertib di jalan
o  Berperilaku tertib di jalan raya
o  Mematuhi rambu lalu lintas yang ada di jalan
Tes tulis
Jawaban singkat
Agar tidak mengganggu pengguna jalan kita dianjurkan menyeberang di…
Karakter siswa yang diharapkan : dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani



Mengetahui
Kepala SD Insan Terpadu




Khusaini Tamrin, S.Ag

Sumberanyar, 13 Juni 2016
Guru Bidang Studi




Kholid Usmani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEL SEKOLAH BERBAHASA INGGRIS - SMP Insan Terpadu Paiton

Surat Undangan Wali Santri Pondok Pesantren Islamiyah Syafi'iyah

SOP ASRAMA SMP INSAN TERPADU 2018- KHOLID USMANI