RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBERIAN TUGAS BERBASIS QUIPPER SCHOOL
DI SMA TUNAS LUHUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TUGAS AKHIR (TA)
Diajukan untuk memenuhi sebagian persyaratan kenaikan kelas XII “

 

Disusun oleh   :
KARMILA SHINTIA DEWI
Kelas/ Jurusan :
XI/ IIS

SMA TUNAS LUHUR ( Full Day School ) PAITON
Jl. Kotaanyar-Sumberanyar-Paiton Telp/ Fax ( 0335 ) 771666

Tahun Pelajaran 2015/ 2016









LEMBAR PERSETUJUAN

Tugas Akhir ( TA ) yang berjudul “Respon Peserta Didik Terhadap Pemberian Tugas Berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/2016 “ telah disetujui oleh guru pembimbing pada tanggal 19 Oktober 2015 .






Koordinator Tugas Akhir                                         Pembimbing Tugas Akhir



Himatus Sya’adah S. Pd                                           Himatus Sya’adah, S. Pd









LEMBAR PENGESAHAN

Tugas Akhir yang berjudul “Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas Berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/2016 “ telah dipertahankan di depan Dewan penguji Tugas Akhir SMA Tunas Luhur Paiton dan diterima untuk memenuhi sebagian persyaratan kenaikan kelas XII pada tanggal.


Mengesahkan :


SMA TUNAS LUHUR PAITON
Kepala Sekolah SMA Tunas Luhur



Muhammad Rudi Hartono, S. Pd


Dewan Penguji :
1.      …………………………                                            1. ……………
2.      …………………………                                            2. ……………

Koordinator Tugas Akhir                                             Pembimbing Tugas Akhir

Himatus sya’adah S. Pd                                              Himatus Sya’adah, S. Pd






SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                       : Karmila Shintia Dewi
NIS                                         :
Tempat/ Tanggal lahir             : Sawahlunto, 13 Juni 1998
Jurusan                                    : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ( TA ) yang berjudul “Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas Berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/2016 “ adalah bukan karya orang lain sebagian atau keseluruhan, kecuali dalam bentuk kutipan yang telah disebutkan sumbernya.
            Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar- benarnya dan apabila pernyataan ini tidak benar, saya bersedia mendapatkan sanksi akademik.


                                                                                     Paiton, 14  Mei 2016
                                                                                    Yang membuat pernyataan,

                                                                                                



                                                                                      Karmila Shintia Dewi




Mengetahui :
Kepala SMA Tunas Luhur Paiton                                                     Pembimbing TA






Muhammad Rudi Hartono, S. Pd                                                       Himatus Sya’adah, S. Pd











                                                                       MOTTO

“ Tidak ada kata tidak mungkin akan terjadi, apabila kita bertekad memungkin hal itu terjadi dan menjadikannya nyata “
( Karmila Shintia Dewi)











KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penulisan Tugas Akhir yang berjudul “Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/1016”.

Penulis menyadari bahwa penulisan Tugas Akhir ini tidak dapat diselesaikan dengan baik tanpa dukungan, bimbingan, dan bantuan semua pihak yang terkait. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada pihak-pihak berikut ini :

1.      Ustadz Muhammad Rudi Hartono, S.Pd selaku kepala sekolah SMA Tunas Luhur.
2.      Ustadzah Himatus Sa’adah, S.Sd selaku pembina dan pembimbing Tugas Akhir yang telah menyetujui Tugas Akhir ini.
3.      Ustadz dan ustadzah SMA Tunas Luhur yang tidak pernah bosan memotivasi dan mengingatkan angkatan 9 agar dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini dengan tepat waktu.
4.      Kedua oaring tua, Bapak Edi junaedi dan Ibunda Suhermin tercinta yang tanpa henti mendoakan dan mensupport saya untuk menjadi yang terbaik bagi penulis.
5.      Kepada Kholid Usmani Alfarisi dan Kakak Iqbal Desunda Junaedi yang selalu memberikan motivasi dan semangat dalam penyelesaian Tugas Akhir ini.
6.      Para sahabat Sofi Emilia, Izza Rahmatika Putri, Indana Fikrotun Najibah, dan Nur Latifah .
7.      Teman-temanku “EXSOST” yang selalu mensupport saya dimanapun dan kapanpun kami berada.
8.      Serta semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu-persatu yang telah banyak membantu dalam penulisan Tugas Akhir ini.
Penulis menyadari bahwa penulisan Tugas Akhir ini masih jauh dari kesempurnaan. Dengan segala kerendahan hati, penulis menerima saran dan keritik yang sifatnya membangun. Akhir kata penulis berharap semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca terutama bagi peneliti yang lain dan peneliti sendiri.
     
                                                                                         
                           Paiton, 14 Mei 2016



                           Karmila Shintia Dewi









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .................................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN ....................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................ iii
SURAT PERNYATAAN ........................................................................... iv
MOTTO.......................................................................................................... v
KATA PENGANTAR................................................................................. vi
DAFTAR ISI ............................................................................................... vii
DAFTAR TABEL......................................................................................... x
ABSTRAKSI................................................................................................ xii

BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang ............................................................................ 1
1.2   Rumusan Masalah ........................................................................ 2
1.3   Batasan Masalah .......................................................................... 2
1.4   Tujuan Penelitian ......................................................................... 2
                   1.4.1 Tujuan Umum ..................................................................... 2
                   1.4.2 Tujuan Khusus  ................................................................... 2
1.5   Manfaat Penelitian ....................................................................... 3
1.6   Hipotesis ...................................................................................... 3
BAB II KAJIAN PUSTAKA
            2.1 Kajian Tentang Respon................................................................. 4
            2.2 Pembagian Respons....................................................................... 5
                  2.2.1 Pengertian Kognisi (Pengetahuan)....................................... 5
                  2.2.2 Pengertian Afeksi (Sikap)..................................................... 5
                  2.2.3 Pengertian Psikomotorik (Tindakan).................................... 6
            2.3 Pengertian Tugas........................................................................... 6
            2.4 Kelebihan Metode Pemberian Tugas ............................................ 7
            2.5 Kelemahan Metode Pemberian tugas ........................................... 7
            2.6 Hal Yang Diperhatikan dalam Pemberian Tugas Harus ............... 8
            2.7 Jenis- jenis tugas yang diberikan terhadap siswa .......................... 8
            2.8 Pengertian Quipper School ........................................................... 8
            2.9 Sejarah Quipper School ................................................................ 9
                   2.9.1 Sejarah Quipper School sebagai start up edukasi................ 9
                   2.9.2 Quipper School di Masa kini dan akan datang................... 10
                   2.9.3 Quipper School potensial berkembang di Indonesia untuk                                                 Penerapan13.................................................... 11
                   2.9.4Cara penggunaan Quipper School Indonesia...................... 12
            2.10 Mata Pelajaran Dalam Quipper School....................................... 12
            2.11 Fasilitas Quipper School............................................................. 14
            2.12 Kegunaan Quipper School.......................................................... 14
            2.13 Manfaat Quipper School............................................................ 15
                    2.13.1 Manfaat Bagi Guru.......................................................... 15
                    2.13.2 Manfaat Bagi Siswa........................................................ 15
BAB III METODE PENELITIAN
          3.1 Jenis Penelitian............................................................................... 17
          3.2 Lokasi dan Waktu Penelitian.......................................................... 18
          3.4 Instrumen Penelitian....................................................................... 18
                3.4.1 Wawancara............................................................................ 19
          3.5 Populasi dan Sampel Penelitian...................................................... 20
                3.5.1 Populasi................................................................................. 20
                3.5.2 Sampel................................................................................... 21
          3.6 Prosedur Penelitian......................................................................... 22
                3.6.1 Tahap Persiapan..................................................................... 23
                3.6.2 Tahap Pelaksanaan................................................................. 23
                3.6.3 Tahap Analisis....................................................................... 24
          3.7 Variabel Penelitian.......................................................................... 24
                3.7.1 Variabel Bebas...................................................................... 25
                3.7.2 Variabel Terikat..................................................................... 25
        3.8 Analisis Data.................................................................................... 25

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
        4.1 Hasil Penelitian................................................................................. 26
        4.2 Pembahasan...................................................................................... 48
BAB V PENUTUP
        5.1 Simpulan........................................................................................... 50
        5.2 Saran................................................................................................. 50
              5.2.1 Saran bagi Siswa...................................................................... 50
              5.2.2 Saran bagi Guru....................................................................... 50
              5.2.3 Saran bagi Peneliti Lain........................................................... 50
 LAMPIRAN   ............................................................................................... 51
 DAFTAR PUSTAKA  ................................................................................. 52
                            







DAFTAR TABEL

3.2.1 Tabel Rencana Pelaksanaan................................................................... 18
3.4.1.1 Tabel Pertanyaan Wawancara............................................................. 20
3.5.1.1 Tabel Populasi SMA TUNAS LUHUR............................................. 21
3.5.2.1Tabel Sampel Penelitian....................................................................... 22
4.1.1 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 26      
4.1.2 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 27      
4.1.3 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 28      
4.1.4 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 28      
4.1.5 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 29      
4.1.6 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 30      
4.1.7 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 31
4.1.8 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 31
4.1.9 Tabel Hasil Wawancara......................................................................... 32
4.1.10 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 33
4.1.11 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 34
4.1.12 Tabel Hasil Wawancara ...................................................................... 34
4.1.13 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 35
4.1.14 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 36
4.1.15 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 36
4.1.16 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 37
4.1.17 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 38
4.1.18 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 38
4.1.19 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 39
4.1.20 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 40
4.1.21 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 40
4.1.22 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 41
4.1.23 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 42
4.1.24 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 43
4.1.25 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 44
4.1.26 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 44
4.1.27 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 45
4.1.28 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 46
4.1.29 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 47
4.1.30 Tabel Hasil Wawancara....................................................................... 47









ABSTRAK
                                                                    
Dewi, Karmila, Shintia. 2016. Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/1016. Tugas Akhir, Jurusan IPS, SMA Tunas Luhur (Full Day School). Pembimbing : Himatus Sya’adah S.Pd.

Kata Kunci : Respon, Quipper School

Quipper School merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan media internet yang dapat di akses dimanapun dan kapanpun oleh siswa, materi yang tersedia dalam Quipper School tergolong sangat detail dalam penjelasannya serta dilengkapi berbagai tema yang dapat diganti oleh siswa itu sendiri. Sehingga, suasana pembelajaran terkesan lebih fun. Seperti halnya di SMA Tunas Luhur Paiton yang telah menggunakan media pembelajaran ini selama kurang lebih 2 tahun, terutama dalam pemberian tugas terhadap siswa SMA Tunas Luhur Paiton. Akan tetapi, metode Quipper School ini masih belum tentu menunjang tingkat kesuksesan antusias proses belajar mengajar, terutama dalam pemberian tugas terhadap siswa. Oleh karena itu, penulis menyusun karya tulis yang berjudul “Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/1016” judul ini dipilih tidak lain yaitu untuk mengetahui tingkat kesuksesan yang tercapai selama penggunaan Quipper School ini di SMA Tunas Luhur Paiton, khususnya dalam pemberian tugas guru terhadap siswa. Penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik interview dalam memperoleh data, melalui respon yang dikemukakan oleh siswa SMA Tunas Luhur Paiton. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa penggunaan Quipper School di SMA Tunas Luhur Paiton sangat membantu menunjang tingkat antusias siswa dalam pemberian tugas baik disekolah maupun diluar jam sekolah. Jadi, penggunaan metode Quipper School ini sangat sesuai apabila diterapkan di SMA Tunas Luhur Paiton terutama dalam pemberian tugas guru terhadap siswa.
           









BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Dewasa ini Quipper School marak digunakan di dunia pendidikan sebagai alternativ pembelajaran. Quipper School merupakan salah satu media pembelajaran secara online atau E- Learning yang di dalamnya terdapat materi dan soal-soal yang dapat di akses setiap saat. Quipper School dibuat oleh para pengajar yang antusias, baik para guru maupun konsultan pendidikan. Tim contributor dalam quipper dating dari seluruh dunia yang membawa keragaman dan kekayaan pengalaman dalam materi pelajaran dan soal-soal. karena sifat global dari tim Quipper School dapat menyajikan isi materi yang relevan, sesuai dengan tujuan pembelajaran siswa. Tim dalam Quipper School juga terdiri dari para profisional pendidikan untuk memastikan kesesuaian materi dengan kurikulum yang telah ditentukan.
Quipper School dapat digunakan oleh suatu lembaga pendidikan sebagai salah satu metode sebagai penunjang untuk meningkatkan tingkat keberhasilan proses belajar mengajar baik terhadap guru dan siswa. Seperti halnya di lembaga SMA Tunas Luhur Paiton yang telah menggunakan  media pembelajaran online ini selama kurang lebih 2 tahun, sebagai salah satu metode untuk mensukseskan keefektifan pemberian tugas terhadap siswa.
Namun, tidak menutup kemungkinan  penggunaan media pembelajaran Quxzipper School ini tidak berjalan secara efektif atau maksimal terutama dalam pemberian tugas terhadap siswa SMA Tunas Luhur Paiton Tahun pelajaran 2015/2016. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui secara lebih mendalam mengenai respon siswa SMA Tunas Luhur Paiton terhadap antusias proses belajar mengajar khususnya didalam pemberian tugas guru kepada siswa dengan menggunakan media pembelajaran Quipper School ini dalam bentuk karya tulis yang berjudul “Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/1016”.



1.2  Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat diambil rumusan masalah yaitu :
Bagaimana respon siswa mengenai penggunaan media Quipper School  terhadap  pemberian tugas siswa di SMA Tunas Luhur Paiton tahun pelajaran 2015/2016 ?

1.3  Batasan Masalah
Pada penelitian kali ini, penulis memberikan batasan – batasan penelitian. Penulis hanya melakukan penelitian yang terfokus pada siswa SMA Tunas Luhur Paiton, melalui respon siswa terhadap penggunaan media E- Learning yang berupa media Quipper School dalam proses belajar mengajar, terutama dalam pemberian tugas guru terhadap siswa.

1.4 Tujuan Penelitian
       1.4.1 Tujuan Umum
Tujuan umum penulisan karya tulis ini adalah untuk memenuhi berbagai syarat penilain dan juga sebagai syarat untuk mencapai standard ketuntasan belajar pada semester akhir kelas XI serta persyaratan untuk naik kelas XII.

       1.4.2 Tujuan Khusus
Tujuan dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan media Quipper School terhadap proses belajar mengajar terutama didalam pemberian tugas terhadap siswa SMA Tunas Luhur Paiton dengan cara mengumpulkan data melalui respon siswa secara brief dan clear.



1.5 Manfaat Penelitian
      1.5.1 Manfaat Penelitian Bagi Penulis
Menambah wawasan bagi penulis tentang cara membuat karya tulis yang baik dan benar yaitu dalam mencari sumber- sumber pustaka, menganalisis, konsultasi dan laporan mengenai karya tulis yang dilakukan, serta penulis juga dapat mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan media E- Learning yang berupa Quipper School yang perolehan data melalui respon siswa SMA Tunas Luhur Paiton tahun pelajaran 2015/2016.

          1.5.2 Manfaat Bagi Masyarakat
Memberikan informasi terhadap semua pihak, baik para pendidik, maupun peserta didik dalam penggunaan media E- Learning yang berupa Quipper School untuk membantu meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar lebih baik.

1.6 Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah yang telah ditetapkan, dapat ditarik hipotesis bahwa penggunaan metode Quipper School di SMA Tunas Luhur Paiton sebagai salah satu penunjang untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar masih kurang maksimal terutama dalam pemberian tugas terhadap siswa SMA Tunas Luhur Paiton.













BAB II
RUMUSAN MASALAH

2.1 Pengertia Respons
Respon adalah Setiap tingkah laku pada hakekatnya merupakan tanggapan atau balasan (respon) terhadap rangsangan atau stimulus (Sarlito, 1995). Menurut Gulo (1996), respon adalah suatu reaksi atau jawaban yang bergantung pada stimulus atau merupakan hasil stimulus tersebut. Individu manusia berperan serta sebagai pengendali antara stimulus dan respon sehingga yang menentukan bentuk respon individu terhadap stimulus adalah stimulus dan faktor individu itu sendiri (Azwar, 1988). Interaksi antara beberapa faktor dari luar berupa objek, orang-orang dan dalam berupa sikap, mati dan emosi pengaruh masa lampau dan sebagiannya akhirnya menentukan bentuk perilaku yang ditampilkan seseorang.
Respon seseorang dapat dalam bentuk baik atau buruk, positif atau negatif (Azwar, 1988). Apabila respon positif maka orang yang bersangkutan cenderung untuk menyukai atau mendekati objek, sedangkan respon negatif cenderung untuk menjauhi objek tersebut.
Beberapa tokoh mendefinisikan respon secara berbeda seperti dibawah ini :

Ø  Menurut Soerjono Soekanto (1975:58-60), respons adalah interaksi dengan perorangan atau kelompok masyarakat, terlihat dari adanya aksi dan reaksi serta mengandung rangsangan dan respons...”
Ø  Menurut Young, respons adalah tanggapan seseorang terhadap stimulasi yang dihadapinya, yang terjadi setelah memberikan persepsi terhadapnya. Persepsi menunjukan adanya aktivitas merasakan, menginterpretasikan dan memahami objek-objek baik fisik maupun social. Faktor interpretasi meliput cara-cara dimana organism sebagai suatu kesatuan yang aktif dan dinamis mengorganisaikan persepsinya disamping itu meliputi pengalaman masa laluna pula ( Sri Hilmi P. dan Rahesli Humsona, 2008:21).
Ø  Menurut Swatha dan Handoko, ia mendefinisikan respons sebagai predisposisi (keadaan mudah terpengaruh) untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan lingkungan, yang dapat memulai atau membimbing tingkah laku orang tersebut.
Ø  Menurut Gulo (1996), respons adalah suatu reaksi atau jawaban yang bergantung pada stimulus atau merupakan hasil stimulus tersebut.
Ø  Menurut Sarlito (1995), respons adalah  setiap tingkah laku pada hakikatnya merupakan tanggapan atau balasan (respons) terhadap rangsangan atau stimulus.

2.2 Pembagian Respons
Respons terdiri dari tiga komponen yaitu : komponen kognisi (pengetahuan), komponen afeksi (sikap), dan komponen psikomotorik (tindakan).

1.       Pengertian Kognisi (Pengetahuan)
Istilah kognisi berasal dari kata cognoscare yang artinya mengetahui. Aspek kognisi banyak mempermasalahkan bagaimana cara memperoleh pemahaman tentang dirinya dan lingkungannya, serta bagaimana dengan kesadaran itu ia berinteraksi dengan lingkungannya. Setiap perilaku sadar manusia didahului oleh proses kognisi yang memberi arah terhadap perilaku dan setiap lahiriahnya baik dirasakan maupun tidak dirasakan.
2.      Pengertian Afeksi (Sikap)
Sikap merupakan kecenderungan untuk bertindak, beroperasi, berfikir dan merasa dalam menghadapi objek, ide, situasi dan nilai. Sikap timbul dari pengalaman, tidak dibawa sejak lahir tetapi merupakan hasil belajar. Sikap mempunyai daya dorong atau motivasi dan bersifat evaluatif, artinya mengandung nilai menyenangkan atau tidak menyenangkan. Objek sikap dirasakan adanya motivasi, tujuan, nilai dan kebutuhan.
Sayogo dan Fujiwati (1987) mengemukakan bahwa sikap merupakan kecenderungan yang berasal dari dalam diri individu untuk berkelakuan dengan suatu pola tertentu terhadap suatu objek berupa manusia, hewan atau benda akibat pendirian atau persamaannya terhadap objek tersebut.
3.       Pengertian Psikomotorik (Tindakan)
Jones dan Davis dalam Sarlito (1995) memberi definisi tindakan yaitu keseluruhan respon (reaksi) yang mencerminkan pilihan seseorang yang mempunyai akibat (efek) terhadap lingkungannya. Suatu tindakan dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan dan diarahkan pada pencapaian sesuatu agar kebutuhan tersebut terpenuhi.
Tindakan yang ditujukan oleh aspek psikomotorik merupakan bentuk keterampilan motorik yang diperoleh peternak dari suatu proses belajar (Samsudin, 1977). Psikomotorik yang berhubungan dengan kebiasaan bertindak yang merupakan aspek perilaku yang menetap (Rahmat, 1989).
2.3. Pengertian Tugas
            Tugas adalah sesuatu yang wajib dikerjakan atau sesuatu perintah yang telah ditentukan untuk dilakukan, perkerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang, pekerjaan yang dibebankan, dan hendaklah dijalankan sesuai dengan fungsi masing-masing. Menurut Hirarki tugas merupakan wujud pertanggung jawaban individu ataupun organisasi. Selain tugas ada status, fungsi dan peran. Tugas juga dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan dan tanggung jawab seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang dilakukan atau ditentukan untuk perintah agar melakukan sesuatu dalam jabatan tertentu.

Pengertian tugas menurut beberapa ahli :
Ø  Menurut Stone Moekijat (1998:10), tugas merupakan suatu kegiatan pekerjaan khusus yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu (a task is a specific work activity carried out to achieve a specific purpose).
Ø  Menurut John dan Mary Miner dalam Moekijat (1998:10), menyatakan bahwa tugas adalah kegiatan pekerjaan tertentu yang dilakukan untuk suatu tujuan khusus.
Ø  Menurut Moekijat (1998:11), tugas adalah suatu bagian atau suatu unsur atau satu komponen dari suatu jabatan.
Jadi, dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa tugas merupakan suatu kegiatan pekerjaan khusus yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2.4. Kelebihan Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas ini dalam pelaksaannya memiliki beberapa kelebihan disamping juga mempunyai beberapa kelemahan. Ada pun kelebihan metode pemberian tugas diantaranya adalah metode ini merupakan aplikasi pengajaran modern disebut juga azaz aktivitas dalam mengajar yaitu guru mengajar harus merangsang siswa agar melakukan berbagai aktivitas sehubungan dengan apa yang dipelajari sehingga :
a.       Dapat memupuk rasa percaya diri sendiri
b.      Dapat membina kebiasaan siswa untuk mencari, mengolah menginformasikan dan mengkomunikasikan sendiri
c.       Dapat mendorong belajar, sehingga tidak cepat bosen
d.      Dapat membina tanggung jawab dan disipilin siswa
e.       Dapat mengembangkan kratifitas siswa
f.       Dapat menegmbangkan pola berfikir dan ketrampilan anak

2.5 Kelemahan Metode Pemberian tugas
            Ada pun kelemahan metode pemberian tugas diantaranya :
a.       Tugas tersebut sulit dikontrol guru kemudian tugas itu dikerjakan oleh orang lain yang lebih ahli daripada siswa
b.      Sulit untuk dapat memenuhi pemberian tugas
c.       Pemberian tugas terlalu sering dan banyak, akan dapat menimbulkan keluhan siswa
d.      Dapat menurunkan minat belajar siswa kalau tugas terlalu sulit
e.       Pemberian tugas yang monoton dapat menimbulkan kebosanan siswa apabila terlalu sering
f.       Khusus tugas kelompok juga sulit untuk menilai siapa yang aktif.


2.6  Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Pemberian Tugas
            Ada bebrapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian tugas terhadap siswa, diantaranya ialah :
a.       Tujuan penugasan
b.      Bentuk pelaksanaan tugas
c.       Manfaat tugas
d.      Bentuk pekerjaan
e.       Tempat dan waktu penyelasain tugas
f.       Memberikan bimbingan dan dorongan
g.       Memberikan penilaian

2.7 Jenis- jenis tugas yang diberikan terhadap siswa
            Diantara jenis jenis tugas yang harus diberikan terhadap siswa sebagai berikut :
a.       Tugas membuat rangkuman
b.      Tugas membuat makalah
c.       Tugas menyelesaikan soal
d.      Tugas mengadakan observasi
e.       Tugas mempraktekkan sesuatu
f.       Tugas mendemonstrasikan observasi

2.8 Pengertian Quipper School
Menurut Masayuki Watanabe (CEO, Quipper), Quipper school adalah sebuah platform online GRATIS untuk guru dan siswa. Quipper school terdiri dari dua bagian : LINK untuk guru dan, LERN untuk siswa.
Quipper School link adalah tempat dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Di bawah ini adalah hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan guru saat menggunakan Quipper School link.
·         Mengirim tugas dan ujian – Manfaatkan ribuan materi dan soal yang sesuai dengan kurikulum untuk di jadikan tugas bagi seluruh siswa di kelas atau beberapa grup siswa.
·         Membuat konten edukasi – jika ada yang kurang atau hilang guru dapat mengubah konten yang sudah tersedia atau membuat materi dari soal baru dan awal.
·         Melihat dan mengunduh analisah – perkembangan siswa tersambung secara langsung antara LERN dan LINK, sehingga guru dapat mengakses pusat informasi mengenai tingkat pengerjaan pencapaian, kekuatan dan kelemahan siswa.
·         Bekerja sendiri dan atau bersama-samaLINK didesain sehingga memudahkan guru untuk mengelola kelasnnya sendiri, atau berkolaborasi dengan dua guru atau lebih, pada kelas atau sekolah yang sama.
Quipper School LERN adalah tempat dimana siswa belajar platform ini dipenuhi dngan fitur yang membuat belajar selalu terasa aman dan menyenangkan.
·         Tugas dan pembelajaran umum – Siswa dapat mengerjakan topic tertentuyang dianjurkan oleh guru, atau belajar materi apapun dari kurikulum secara mandiri.
·         Fitur pesan – Siwa dan guru dapat terus berkomunikasi menggunakan layanan pesan kami, yang memudahkan siswa untuk mengemukakan soal atau topic tertentu yang mereka rasa sulit dan perlu pendamping.
·         Fitur seperti gamesLERN memberikan hadiah kepada siswa berupa koin yang dapat ditukar dengan tema, sehingga siswa dapat menyesuaikan lingkungan belajar yang nereka inginkan. Siswa juga dapat melihat bagaimana proses teman sekelasnya pada tampilan Kronologi.                    
2.9 Sejarah Quipper School
1.      Sejarah Quipper School sebagai start up edukasi
Sebenarnya Quipper School bukan berasal dari Indonesia namun baru-baru ini ada Quipper School di Indonesia yang dibuat untuk guru dan siswa yang ada di Indonesia, lalu bagaimana sebenarnya sejarah lengkap dari Quipper School ini?
Baiklah khususnya di Indonesia Quipper School petama kali diluncurkan pada bulan Februari 2014 yang lalu, namun di awal-awal peluncuranya Quipper School memberikan fitur gratis untuk semua fasilitas dalam web online-nya untuk menarik minat pengguna yang berasal dari Indonesia.
Di awal mengudaranya web Quipper School di Indonesia tak begitu banyak pengelola web yang terdiri dari 34 full time dan 40 hingga 60 orang yang bekerja part time, dalam sistem kerjanya pekerja part time maupun full time mengurusi bagian web lebih kepada teknisnya sedangkan khusus konten di Quipper School penulisnya dalah guru.
Quipper School didirikan pertama kali di London, Inggris pada bulan Desember 2010 sudah hampir 3 tahun sejak berdirinya itu hingga saat ini, sedangkan pendiri Quipper School adalah Masayuki Watanabe, dari namanya orang Jepang nih, tapi wajar jika sampai orang jepang membangun aplikasi berbasis pendidikan di London, Inggris karena tidak dipungkiri pendidikan dijepang adalah nomer satu dan menjadi inspirasi bagi dunia.
2.      Quipper School di Masa kini dan akan datang
Sudah hampir 2 tahun sejak Quipper School diluncurkan pertama kali pada tahun 2014 yang lalu namun di tahun pertama semua konten di web Quipper School digratiskan dan itu membuat web tidak ada pendapatan sedangkan penggunanya semakin berkembang.
Diklaim pengguna Quipper School Indonesia kini sudah lebih dari 50ribu guru dan 250ribu siswa, sangat banyak memang namun dalam pelaksanaanya Quipper School Indonesia masih diperuntukkan bagi SMP dan SMA namun telah direncanakan ke depan Quipper School Indonesia akan juga bisa digunakan oleh Guru dan Siswa SD mulai dari kelas 3,4,5,dan 6.
Kini Quipper School sudah dijalankan di Sembilan Negara termasuk Rusia dan Turki (gudangnya orang-orang pintar), seperti halnya platform yang lain maka Quipper School berfungsi sebagai penyedia tempat bertemunya antarta guru dan siswa secara online sehingga tercipta proses kegiatan belajar mengajar di dalamnya.
Di Asia Tenggara baik di Indonesia maupun Filipina telah banyak digunakan dan penggunanya kini masing-masing pada kedua Negara tersebut sudah mencapai 300ribu orang lebih terdiri dari guru dan siswa, dan Quipper School masih menggratiskan semua kontennya hingga beberapa waktu ke depan, namun nantinya Quipper School akan menyediakan konter premium (bayar) seperti online tutoring yakni jika di Indonesia adalah tes persiapan menghadapi UN.
Semakin hari pihak pengelola dari Quipper School ini terus mengembangkan fitur-fitur pendukung di website Quipper School bahkan kini telah ada soal-soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) bagi kelas XII SMA yang punya rencana masuk perguruan tinggi menggunakan jalur tes SBMPTN.
3.      Quipper School potensial berkembang di Indonesia untuk Penerapan K-13
Pemerintah tak pernah bosan mencari cara untuk meningkatkan mutu di Indonesia, hal ini bisa terlihat dari perubahan kurikulum yang dilakukan, meskipun Kurikulum 2013 (K-13) sempat mengalami penundaan dalam penerapannya namun ke depan system kurikulum akan kembali ke K-13 paling lambat hingga tahun 2020.
Dalam penerapannya K-13 menggunakan pembelajaran dengan berbasis teknologi informasi artinya hal ini sejalan dengan apa yang menjadi tujuan dari Quipper School sehingga kami rasa pengguna Quipper School menjadi penting apalagi jika saat ini dimana jumlah penduduk Indonesia 82 juta jiwa yang berumur di bawah 20 tahun maka tentunya Quipper School akan bisa lebih jauh menjangkau penduduk Indonesia yang butuh inovasi dalam pembelajaran, sedangkan untuk jumlah guru sendiri yang ada di Indonesia yang berstatus sebagai guru PNS adalah 40% dari jumlah PNS di seluruh Indonesia artinya 40% x 4,3 juta jika 1 guru saja biasanya memiliki minimal 20 orang siswa, bisa dibayangkan berapa jumlah pengguna Quipper School  bila saja berhasil akses di Indonesia sebagai platform yang digunakan oleh semua guru dan siswa.






4.      Cara penggunaan Quipper School Indonesia
Ada 2 link penting dalam Quipper School yakni portal untuk siswa (Quipper School Lern) dan portal untuk guru (Quipper School Link) dan masing-masing memiliki layanan utama yakni :
Pertama : Quipper School Lern sebuah portal khusus siswa dimana mereka bisa mengakses atau membaca materi pelajaran, menjawab soal, mengirimkan pesan ke guru, dan melihat perfoma belajar teman sekelasnya.
Kedua : Quipper School Link sebuah portal khusus untuk guru dimana mereka dapat menyiapkan tugas, melihat perkembangan siswa, mengirim pesan ke siswa, mengelola kelas, dan membuat kelas online.
Dalam penggunaannya secara teknis maka siswa yang telah menjadi pengguna dapat menerima tugas dari guru melalui aplikasi Quipper School, selanjutnya mengerjakannya sambil terhubung dengan internet dan bisa dilakukan di luar sekolah, dimana saja. Hasil pekerjaan siswa akan dikoreksi oleh sistem yang sebelumnya sudah dimasukan fitur pencocokan soal yang dikerjakan oleh siswa dengan kunci jawaban yang dibuat oleh guru.
4 Hal merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan pada Quipper School Indonesia yaitu : 1). Membuat kelas baru, 2). Menambahkan nama siswa, 3). Mencetak kode akses yang dibagikan ke siswa, dan 4). Membuat tugas/PR untuk siswa.

2.10 Mata Pelajaran Dalam Quipper School
a.      Bahasa Indonesia
·                     100 topik untuk kelas 10
·                     100 topik untuk kelas 11
·                     100 topik untuk kelas 12
b.      Bahasa Inggris
·                     300 topik untuk kelas 10-12



c.       Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
·                     110 topik untuk kelas 10
·                     100 topik untuk kelas 11
·                     100 topik untuk kelas 12
d.      Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ø    120 topik untuk mata pelajaran Ekonomi-Akuntansi
·                     40 topik untuk kelas 10
·                      40 topik untuk kelas 11
·                     40 topik untuk kelas 12
Ø    60  topik untuk mata pelajaran Geografi
·                     20 topik untuk kelas 10
·                     20 topik untuk kelas 11
·                     20 topik untuk kelas 12
Ø    60 topik untuk mata pelajaran Sejarah
·                     20  topik untuk kelas 10
·                     20 topik untuk kelas 11
·                     20 topik untuk kelas 12
Ø    60 topik untuk mata pelajaran Sosiologi
·                     20 topik untuk kelas 10
·                     20 topik untuk kelas 11
·                     20 topik untuk kelas 12

e.       Matematika
·                     47 topik untuk kelas 10
·                     60 topik untuk kelas 11
·                     55 topik untuk kelas 12




2.11 Fasilitas Quipper School
            “Quipper School” mempunyai 2 bagian : “Link” (untuk guru) dan “Lern” (untuk siswa). Anda dapat memilih ribuan topik untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Biologi, Fisika, Kimia), dan IPS (Ekonomi-Akuntasi, Geografi, Sejarah, Sosiologi), mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII untuk ditugaskan kepada siswa Anda. Selanjutnya, siswa Anda dapat mengerjakan tugas tersebut melalui semua perangkat yang terhubung dengan internet dan dilengkapi dengan peramban web (Smartphones, BB, PC/Komputer, Laptop, atau Tablet).

2.12 Kegunaan Quipper School
Banyak layanan e-learning yang kini dapat di gunakan untuk kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah Quipper School adalah layanan e-learning gratis yang dapat membantu para guru mempermudah tugas dan mengefektifkan waktu, khususnya dalam hal pemberian tugas/PR/latian soal, bahkan ujian di kelas kepada siswa. Selain itu melalui Quipper School juga dapat :
a.       Memantau kegiatan para siswa ( nilai tugas/PR siswa )
b.      Melihat analisa data/grafik perkembangan siswa
c.       Melihat analisa topic mana yang sudah atau belum dikuasai oleh siswa
d.      Mengirimkan pesan pribadi/menanggapi pertanyaan siswa
e.       Membuat pengumuman untuk siswa
f.       Mencetak (print) hasil nilai siswa









2.13 Manfaat Quipper School
2.13.1    Manfaat Bagi Guru
a.      Tugas Online Secepat Kilat
link menonjolkan pembuatan tugas online yang mudah dan cepat. Hanya dalam hitungan menit, guru dapat memilih topik, mengatur batas waktu tugas dan mengirimkannya kepada para siswa.


b.      Pemahaman yang Jelas dan Cepat
pengumpulan tugas siswa terpapar langsung di link guru dapat       mengurutkannya berdasarkan metriks inti, seperti pencapaian dan waktu belajar, untuk mengidentifikasi kebiasaan dari seluruh kelas, grup siswa atau individu.

c.       Konten Pendidikan yang Dinamis
Quipper School hadir mengemas topik-topik yang dibuat dan di pilih oleh para ahli, untuk menguji siswa dengan tipe soal yang berbeda-beda.

2.13.2  Manfaat Bagi Siswa
a. Belajar Tanpa Batasan
Baik menggunakan smartphone, computer atau perangkat apapun yang serupa, siswa dapat langsung menerima tugas, sehingga siswa dapat belajar kapan saja atau dimana saja mereka terhubung dengan internet.

b. Penguasaan Bertahap
Siswa di dorong untuk ‘Menguasai’ topic satu persatu, sehingga dapat membangun pemahaman mereka secara bertahap. Jika siswa merasa belum yakin fitur pesan akan memudahkan guru untuk membantu mereka.


c. Fun Learning
Pelajar dapat memilih Avatar, melihat perkembngan sesama pelajar di bagian ‘ Aktivitas Siswa, mengumpulkan koin dan beli tema sehingga bisa mendapatkan suasana belajar yang di inginkan. (http://www.slideshare.net)








BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
            Pendekatan dalam penelitian dibagi menjadi 2, yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif.
            Menurut Strauss dan corbin (1997:11-13), yang dimaksud dengan penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantitatif (pengukuran) penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi, organisasi, aktivitas, sosial, dan lain-lain. Salah satu alasan mengapa pendekatan kualitatif adalah pengalaman para peneliti dimana metode ini dapat digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang yang tersembunyi dibalik fenomena yang kadang kala merupakan sesuatu yang sulit untuk dipahami secara memuaskan. Bogdan dan Taylor (1992:21-22) menjelaskan bahwa penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
            Metode kuantitatif adalah ilmu dan seni yang berkaitan dengan tata cara (metode) pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan. Sementara Render (2006) mengemukakan metode kuantitatif adalah pendekatan ilmiah untuk pengambilan keputusan manajerial dan ekonomi (http://taufikrahmatullah.wordpress.com) . Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena pengumpulan datanya menggunakan hasil dari wawancara. Kemudian di jelaskan melalui suatu uaraian dan pemetaan tabel.


3.2 Lokasi dan Waktu Penelitian
            Dalam penelitian membutuhkan waktu dan tempat penelitian. Maka penelitian dilakukan di SMA TUNAS LUHUR yang terletak di Desa Sumberanyar, Kecamatan paiton, Kabupaten Probolinggo. Sebelum melakukan penelitian, peneliti harus menentukan jadwal penelitian terlebih dahulu. Berikut jadwal penelitian :
    Tabel 3.2.1 Rencana Pelaksanaan
NO
Hari dan Tanggal
KEGIATAN
1
Kamis, 28 Januari
Pembuatan pertanyaan untuk wawancara
2
Jumat, 5  Februari
Mewawancarai responden
3
Senin, 8 Februari
Melakukan penelitian dan analisis data tentang “Respon peserta didik terhadap tugas berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur”

3.3 Jenis dan Metode Pengumpulan Data
            Dalam penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang cara pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara.







3.4 Instrumen Penelitian
Instrument penelitian adalah alat yang digunakan untuk pengumpulan data. Instrumen penelitian sangat erat kaitannya dengan teknik pengumpulan data. Setiap teknik pengumpulan data akan memiliki bentuk instrumen yang berbeda pula. Instrument yang dapat digunakan sangat tergantuk pada jenis data yang diperlukan sesuai dengan masalah penelitian. Oleh karna itu, sebelum kita menetapkan instrumen penelitian, maka terlebih dahulu yang perlu memahami jenis data yang akan dikumpulkan dalam penelitian (http://www.academia.edu).
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa instrument adalah alat bantu yang digunkan untuk penelitian.
        3.4.1 Wawancara
Pengertian wawancara menurut beberapa para ahli :
·         Charles Stewart dan W.B. Cash
Wawancara adalah proses komunikasi dipasangkan dengan tujuan serius dan telah ditentukan dirancang untuk bertukar perilaku dan melibatkan tanya jawab.
·         Lexy J. Moleong
Wawancara adalah percakapan dengan tujuan tertentu. Percakapan itu dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara (yang mengajukan pertanyaan) dan diwawancarai (yang memberikan jawaban atas pertanyaan).
·         Koentjaraningrat
Wawancara adalah cara yang digunakan untuk tugas tertentu, mencoba untuk mendapatkan informasi dan secara lisan pembentukan responden, untuk berkomunikasi tatap muka.
            Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa wawancara adalah proses komunikasi dipasangkan dengan tujuan serius dan telah ditentukan dirancang untuk bertukar perilaku dan melibatkan tanya jawab.
Tabel 3.4.1.1 Pertanyaan Wawancara
    NO.                                Pertanyaan
1.      Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
2.       Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
3.      Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
4.      Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
5.      Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
6.      Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!

3.5 Populasi dan Sampel Penelitian
      3.5.1 Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. (Sugiyono, 2009:61). Sedangkan menurut Santoso dan Tjiptono (2002:79), populasi merupakan sekumpulan orang atau obyek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan yang membentuk masalah pokok dalam suatu riset khusus. Populasi yang akan diteliti harus didefinisikan dengan jelas sebelum penelitian dilakukan.
Jadi, populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek/subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik/sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek itu. Maka dari itu populasi yang akan diteliti yaitu siswa SMA TUNAS LUHUR. Rincian dari populasi dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel 3.5.1.1 Populasi SMA TUNAS LUHUR
No.
KELAS
JUMLAH
1.
X ICP
29
2.
X IPA
29
3.
X IPS
30
4.
XI ICP
24
5.
XI IPA
30
6.
X IPS
30
7.
XII ICP
20
8.
XII IPA
23
9.
XII IPS
22

JUMLAH
237



3.5.2 Sampel
            Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono,2002:118). Sedangkan menurut Prof.Dr.Suharsimi Arikunto, sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti (Arikunto,2002:109) (http://www.landasanteori.com). Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa sempel adalah bagian atau wakil dari populasi. Sampel dari penelitian ini dapat dilihat sevagai berikut :




            Tabel 3.5.2.1 Sampel penelitian
No.
KELAS
JUMLAH
1.
XI ICP
10
2.
XI IPA
10
3.
XI IPS
10

JUMLAH SAMPEL
30
3.6 Propsedur Penelitian
            Pengertian prosedur penelitian menurut para ahli :
·         Menurut Ismail Masya (1994:74) mengatakan bahwa “Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang”.

·         Menurut Amin Widjaja (1995:83) “Prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan misalnya : orang jaringan gudang yang harus dilayani dengan cara yang tertentu oleh sejumlah pabrik dan pada gilirannya akan mengirimkan pelangganan menurut Kamaruddin (1992:836-837) “Prosedur pada dasarnya adalah suatu susunan yang teratur dari dari kegiatan yang berhubungan satu sama lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan melaksanakan dan memudahkan kegiatan utama ari suatu organisasi” (http://necel.wordpress.com)


Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa prosedur adalah suatu tata cara kerja atau kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan urutan waktu dan memiliki pola kerja yang tetap yang telah dilakukan.
Prosedur penelitian dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :
1.      Tahap Persiapan
2.      Tahap Pelaksanaan
3.      Tahap Analisis 

3.6.1        Tahap Persiapan
Menyiapkan daftar pertanyaan kemudian disusun menjadi wawancara


Mengetik pertanyaan wawancara
3.6.2        Tahap Pelaksanaan
Menyiapkan daftar pertanyaan kemudian disusun menjadi wawancara


Wawancara yang akan ditannya peneliti kemudian akan dijawab oleh responden


Wawancara yang telah dilakukan akan direkap oleh peneliti kemuaian dianalisis
3.6.3        Tahap Analisis
Dari hasil wawancara yang telah dilaksanakan


Peneliti menganalisis hasil wawancara


Menyususn hasil penelitian


Menyimpulkan hasil penelitian

3.7 Variabel Penelitian
                Pengertian variabel secara umum adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga dapat mempengaruhi peristiwa atau hasil peneliti.
Pengertian variabel menurut beberapa para ahli :
·         Menurut Tia Mutiara, pengertian variabel adalah sesuatu yang menjadi fokus perhatian yang memberikan pengaruh dan mempunyai nilai.
·         Menurut Bagja Waluya, pengertian variabel adalah kensep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/peneltian.
·         Menurut F.N Kerlinger, pengertian variabel adalah sifat yang diambil dari suatu nilai yang berlainan.(www.artikelsiana.com)
                Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa variabel adalah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/penelitian.
Variabel dibagi menjadi dua macam :
1.      Variabel Bebas
Varibel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau sebab perubahan timbulnya variabel terikat (dependen). Variabel independen disebut juga dengan variabel perlakuan, kausa, resiko, variabel stimulus, antecedent, variabel pengaruh, treatment, dan variabel bebas. Dapat diakata variabel bebas karena dapat mempengaruhi variabel lainnya. Variabel bebas dari penelitian ini adalah peserta didik.

2.      Variabel Terikat
Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi, akibat dari adanya varkiabel bebas. Dikatakan sebagai variabel terikat karena variabel terikat dipengaruhi oleh independen (variabel bebas). Variabel Despenden disebut juga dengan variabel terikat, variabel output, konsekuen, variabel gergantung, criteria, variabel terpengaruh, dan variabel efek. Variabel dari penelitian ini adalah pemberian tugas berbasis Quipper School. (www.artikelsiana.com) 
3.8 Analisis Data
           Dalam penelitian ini analisis data yang di lapangan di lakukan sesudah berakhirnya pengumpulan data. Menenai analisis data Lexy J. Moleong (2002:102) mengemukakan bahwa, analisis data adalah mengorganisasikan dan mengurukan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data.










BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
      4.1.1 Aidatul Faikotun Najha
4.1.1 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Kalau sejauh ini mata pelajaran yang menggunakan Quipper School matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School sendiri sangat baik untuk pembelajaran karena membantu guru dalam menilai siswa seberapa jauh  siswa paham dalam pembelajran tersebut
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendalanya adalah saat koneksi internetnya yang lambat dan mengakibatkan Quipper School tidak dikerjakan
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Merasa terbantu karena tidak perlu lagi yang namanya ujian kompetisi dasar atau UKD jadi penilainnya diambil langsung dari Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena Quipper School sendiri berisi materi-materi yang kita pelajari jadi saya bisa mengukur sampai dimana saya menguasai materi tersebut



4.1.2 Alifya Nanda Nur Diana
4.1.2 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School adalah alternatif pembelajaran yang menggunakan akses internet dan juga sangat memudah kan siswa adalah pehaman pembelajaran di sekolah
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah akses internya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Sangat terbantu karerna dengan adanya Quipper School saya bisa menambah materi-materi yang belum saya ketahui dan dengan mengerjakan Quipper School saya bisa menambah nilai saya yang masih kurang
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya menguasai karena saya senang di Quipper School ada pembahasannya jadi mempermudah saya untuk menguasai materi itu
           





            4.1.3 Asma Ilham Karimah
4.1.3 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School matematika dan bahasa Inggris.
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Sangat membantu karena membantu siswa untuk terbiasa mengerjakan soal-soal
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Koneksi internet
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
3-4 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Terkadang membantu terkadang juga tidak karena nilai saya tetap saja kecil dan membantu saat ujian karena soal-soal itu banyak diambil dari Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya tetapi hanya di bahasa inggris saja

            4.1.4 Dian Safira Maharani Putri
4.1.4 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Suatu pembelajaran yang memudahkan siswa
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah akses internetnya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
1-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena dengan mengerjakan Quipper School saya bisa menambah nilai tugas dan biasanya soal-soal di Quipper School keluar saat ujian-ujian UTS, UAS dsb
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya, karena di Quipper School ada pembahasanya jadi mempermudah saya untuk menguasai materi tersebut

4.1.5 Dina Hardiyanti Maufiroh
4.1.5 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Suatu pembelajaran yang menyenangkan
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah internetnya yang lambat terkadang juga tidak bisa
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena menambah nilai tugas saya yang masih kurang
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena saya lebih menguasai ketika guru saya yang menjelaskan di kelas

4.1.6 Ega Anjani Novita Putri
4.1.6 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah pelajaran matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Sarana pembelajaran yang menggunakan internet/online
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah koneksi internetnya yang susah
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-5 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya karena saya bisa belajar lebih menguasai materi pelajaran itu dari Tugas yang diberikan ustdzah melalui Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena di Quipper School ada pembahasan soalmnya jadi saya cepat menguasai materi itu








            4.1.7 Sukma Roihatul Nur Imamah
4.1.7 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah mata pelajaran matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?

3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Koneksi intyernetnya yang kadang-kadang lambat dan susah mencari sinyalnya
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena soal-soal di Quipper School akan keluar di ujian-ujian jadi akan eman jika tidak mengerjakanya
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya, karena di Quipper School ada pembahsannya jadi akan cepat untuk saya menguasai materi tersebut

            4.1.8 M. Rayhan Lahji
4.1.8 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling serin g menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School itu menyenangkan
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah koneksi internetnya dan tidak bisa coret-coret di kertas
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena dengan adanya Quipper School menambah pekerjaan siswa di rumah jadi anak-anak akan hanya dapat capeknya saja
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena mengerjakan Quipper School atau pun tidak mengerjakannya sama-sama tidak menguasai materi

            4.1.9  Inta  Nur Khaliza
4.1.9 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matemtika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Suatu pembelajaran yang modren
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temukan koneksi internet yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena utd/utdzah sering mengambil soal/materi dari Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya, karena di Quipper School ada pembahasanya dan mempermudah saya untuk menguasai materi itu


            4.1.10 Zulkifli Alrasyid Sampoerna
4.1.10 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School suatu pembelajran yang menyusahkan siswa yang memaksa kita untuk selalu di depan monitor sedangkan kita tahu belajar dengan buku itu lebih menarik
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Koneksi internet lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-4 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena Quipper School membebani siswa untuk bekerja dua kali, siswa pulang sekolah full day setelah pulang pun harus menggerjakan tugas Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena Quipper School menyusahkan siswa dan saya lebih suka belajar dengan menggunakan buku







4.1.11 Adi Dea Imam Nagari
4.1.11 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School memudahkan siswa tetapi materi yang ada di dalamnya susah untuk di pahami
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang ada koneksi internetnya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena menambah nilai saya jika saya mengerjakan tugas di Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak karena saya tidak paham materi di Quipper School

            4.1.12 Adinda Cindy Nursavira
4.1.12 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School adalah pembelajaran yang menggunakan akses internet
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah akses internetnya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, sangat membantu karena ketika ujian ustdzah menggambil soal atau materi dari Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena di QuipperSchool ada pembahasannya jadi mempermudah siswa untuk menguasai materi-materi tersebut

            4.1.13 Avielia Putri Wardani
4.1.13 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Bermanfaat tetapi menyita waktu luang untuk istirahat
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendalanya adalah saat tidak memiliki paketan dan koneksi internetnya yang eror jadi membuat saya malas untuk mengerjakan Quipper School
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Tidak membantu karena saya dan kawan-kawan terkadang hanya menyalin jawaban dari teman lain yang sudah mengerjakanya
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak karna tidak semua materi di Quipper School saya mengerti dan saya juga mengerjakannya tinggal menyalin punya teman saya
            4.1.14 Ayustika Raudatul Jannah
4.1.14 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matermatika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Suatu pembelajaran yang menggunakan akses internet dan menyenangkan
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah koneksi internetnya yang lambat/eror
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya karena terkadang ustd/utdzah mengambil soal/materi dari tugas Quipper School tersebut
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena di Quipper School ada pembahasanya jadi mempermudah saya untuk menguasai materi itu

            4.1.15 Dara Mahardika Puspita Yuda
4.1.15 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Suatu pembelajaran yang menyenangkan
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah internetnya yang lambat terkadang juga tidak bisa
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena menambah nilai tugas saya yang masih kurang
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya, karena di Quipper School ada pembahasanya jadi mempermudah saya untuk menguasai materi itu

            4.1.16 Dini Auliya Zahro
4.1.16 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School memudahkan siswa tetapi materi yang ada di dalamnya susah untuk pahami
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang ada koneke internetnya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena menambah nilai saya jika saya mengerjakan tugas di Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena saya tidak paham materi di Quipper School


            4.1.17 M. Alfin Anugraha R.
4.1.17 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Baik tetapi saya tidak paham
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Koneksi internetnya yang eror
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
3-4 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Terbantu karena Quipper School salah satu alternativ pembelajaran online yang mudah
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Terkadang paham terkadang tidak karena jika saya tidak paham saya bisa Tanya pada teman saya dan saya akan mngerjakan di rumah


            4.1.18 M. Avin Nisvi  Muharram
4.1.18 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Pembelajaran yang menggunakan akses internet dan menyenagkan
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah koneksi internetnya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena terkadang ust/ustdah mengambil soal atau materi dari tugas Quipper yang diberikan
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya, karena di Quipper School ada pembahasanya jadi mempermudah saya untuk menguasai materi tersebut

            4.1.19 Nanda Rizqy Oktapradana
4.1.19 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Suatu pembelajaran yang menggunakan akses internet
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya terima adalah koneksi internet
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena saat ujian saya akan lebih mudah mengerjakanya karena saya pernah mengerjakannya di Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena di Quipper School ada pembahasanya jadi saya lebih mudah menguasai materi itu


            4.1.20 Ragil Inja Yoga Cahaya
4.1.20 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Sangat mendukung dalam pelajaran
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kurang adanya pemberitahuan tugas, dan kurang update karena koneksi internet juga
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
1 bulan full
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, membantu saya untuk mengaplikasikan pembelajaran tersebut
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya, karna kita bisa mengetahui macam-macam materi tersebut dari Quipper School

            4.1.21 Christiana Pertiwi
4.1.21 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School sangat memudahkan siswa untuk mendapat nilai tambah
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendalanya adalah internet dan soal-soal di Quipper School banyak yang tidak saya mengerti
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Sangat merasa terbantu karena saya bisa mendapatkan nilai tambahan
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena tidak semua materi itu sayang menguasai dan paham akan materi itu

            4.1.22 Diah Hasana
4.1.22 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah pelajaran matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School sangat baik karena dapat membantu siswa untuk memahami pelajaran yang sudah dijelaskan oleh guru
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang temui saya adalah saat koneksi internya lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, sangat membantu karena terkadang ustd dan ustdzah mengambil ujian dari tugas-tugas di Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, juga karena tergantung pada pelajarannya dan meterinya jika mudah saya dapat memahami dan jika sulit saya tidak dapat paham akan materi itu

            4.1.23 Dwi Aprilia Nafisah
4.1.23 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School memudahkan siswa tetapi materi yang ada di dalamnya susah untuk pahami
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang ada koneke internetnya yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya, karena menambah nilai saya jika saya mengerjakan tugas di Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak, karena saya tidak paham materi di Quipper School








            4.1.24 Dwi Puji Rahayu
4.1.24 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Kalau sejauh ini mata pelajaran yang menggunakan Quipper School matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School sendiri sangat baik untuk pembelajaran karena membantu guru dalam menilai siswa seberapa jauh  siswa paham dalam pembelajran tersebut
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendalanya adalah saat koneksi internetnya yang lambat dan mengakibatkan Quipper School tidak dikerjakan
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Merasa terbantu karena tidak perlu lagi yang namanya ujian kompetisi dasar atau UKD jadi penilainnya diambil langsung dari Quipper School
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena Quipper School sendiri berisi materi-materi yang kita pelajari jadi saya bisa mengukur sampai dimana saya menguasai materi tersebut






            4.1.25 Dwi Eni Mudawwamah
4.1.25 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School sangat membantu siswa dan melatih siswa untuk latihan soal-soal
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Karena jika tidak ada internet kita tidak bisa mengerjakan Quipper School
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2 kali sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya sangat karena dapat membantu nilai saya yang masih di bawah KKM
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak karena dimateri itu saya tidak mengerti dan ketika saya mengerjakan Quipper School saya dapat jawaban dari teman saya

            4.1.26 Izzetul Maghfiroh
4.1.26 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School dapat membantu saya dan pemahan saya
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Saat tidak tau cara mengerjakannya dan koneksi internetnya lambat/eror
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
1-2 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya karna Quipper School sangat membantu saya dalam pehaman saya dalam pembelajaran
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak karena saat mengerjakan Quipper School saya mengerjakannya hanya asal pilih saja dan saya juga mendapatkan jawaban dari teman saya

4.1.27 M. Richo Wanto
4.1.27 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Mata pelajaran yang paling menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School adalah alternatif pembelajaran yang menggunakan akses internet yang dapat membantu saya untuk memahami pembelajaran di sekolah
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah koneksi internet yang lambat
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Tidak karena setiap siswa tidak pasti mengerjakan sendiri dan terkadang saya juga mendapatkan jawaban tugas dari teman saya
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak karena tadi itu saya mengerjakan tugas bersama teman dan juga diberikan jawaban oleh teman saya atau bisa disebut kerja sama

4.1.28 Lucky Akbar Khoiri
4.1.28 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adlah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Sangat menguntungkan pelajar untuk mempermudah komunikasi dengan guru dan menambah pemahaman siswa
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah merasa menunda-nunda mengerjakannya karena diberikan waktu yang sangat lama dan juga koneksi internya yang lama
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
1-2 kali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Tentu saja sangat terbantu karena jika saya remidi saya akan disuruh mengerjakan tugas di Quipper School untuk membantu nilai sayang yang di bawah KKM khususnya pada pelajaran matematika
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Tidak karena saya sering mendapatkan jawaban dari teman-teman saya


            4.1.29 Rival Izmi Yoan Ganieza
4.1.29 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika dan bahasa inggris
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Menurut saya Quipper School dapat membantu saya untuk menguasai materi
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Kendala yang saya temui adalah internet, waktu, dan materi
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
3 sekali dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya karena dengan saya mengerjakannya saya dapat menguasai materi
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena di Quipper School ada pembahsan jadi saya bisa mengerti

4.1.30 Salman Alfarisi
4.1.30 Tabel Hasil wawancara
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran?
Pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah matematika
2
Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ?
Quipper School adalah alternatif tugas yang menggunakan akses internet dan dapat dikerjakan di rumah
3
Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School?
Banyak saat mencari kode, dan cara mengerjakannya cukup rumit
4
Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 dalam sebulan
5.
Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan!
Ya sangat terbantu karena dengan adanya Quipper School kita bisa menambah nilai yang masih ada di bawah KKM
6.
Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan!
Ya karena dengan Quipper School saya bisa memahami pembelajaran dan dapat dikerjakan di rumah dan saya bisa memahami lebih dalam

4.2 Pembahasan
Dari hasil penelitian di atas, peneliti dapat menyimpulkan dalam sebuah tabel tentang Respon Peserta Didik terhadap Pemberian Tugas berbasis Quipper School di SMA Tunas Luhur Tahun Pelajaran 2015/1016
Jadi, hasil yang penulis peroleh  dari penelitian yang telah  dilakukan dengan interview dengan jumlah sampel yang penulis pilih sebanyak 30 orang siswa untuk mengetahui respon secara jelas mengenai adanya media pembelajaran Quipper School yang di terapkan di SMA Tunas Luhur Paiton Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini membutuhkan waktu selama satu minggu yaitu tepatnya pada tanggal 15 Februari 2016 sampai 20 Februari 2016 untuk memperoleh hasil yang maksimal. Penulis memperoleh respon siswa yang beragam dari hasil interview yang telah dilakukan, secara garis besar  pernyataan respon siswa tersebut sebagai berikut. Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran? Mata pelajaran yang paling menggunakan Quipper School adalah Matematika. Selain itu, Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ? Quipper School adalah suatu pembelajaran yang menggunakan akses internet dan memudahkan siswa. Kemudian, Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School? Kendala yang temui siswa adalah akses internet yang lambat. Selain itu, Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School?
2-3 kali dalam sebulan. Kemudian, Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan! Ya karena terkadang ustd/utdzah mengambil soal/materi dari tugas Quipper School tersebut. Selain itu, Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan! Ya, karena di Quipper School ada pembahasanya jadi mempermudah saya untuk menguasai materi tersebut. Dari hasil respon siswa di atas menyatakan bahwa penggunaan media Quipper School mendapatkan nilai positif. Karena dapat membantu siswa SMA Tunas Luhur Paiton dalam mengerjakan tugas secara maksimal.
Disisi lain, penggunaan media Quipper School di SMA Tunas Luhur Paiton memperoleh respon sebagai berikut. Mata pelajaran apakah yang paling sering menggunakan Quipper School dalam pembelajaran? Mata pelajaran yang paling sering menggunakan Quipper School adalah Matematika. Selain itu, Bagaimana pendapat anda tentang Quipper School ? Quipper School adalah suatu pembelajaran yang menyusah kan siswa yang memaksa kita untuk selalu di depan monitor sedang kan kita tahu belajar dengan buku itu lebih menarik. Selain itu, Apa saja kendala yang anda temui saat mengerjakan Quipper School? Koneksi internetnya yang lambat. Selain itu, Seberapa seringkah dalam sebulan guru anda memberikan tugas Quipper School? 2-4 kali dalam sebulan. Selain itu, Apakah dengan adanya Quipper School anda merasa terbantu? Mohon jelaskan! Tidak, karena Quipper School membebani siswa untuk bekerja dua kali, siswa pulang sekolah full day setelah pulang pun harus menggerjakan tugas Quipper School. Selain itu, Apakah setelah anda menyelesaikan tugas Quipper School anda merasa menguasai materi itu? Mohon jelaskan! Tidak, karena Quipper School menyusahkan siswa dan saya lebih suka belajar dengan menggunakan buku. Berbeda dengan hasil respon siswa sebelumnya yang mana penggunaan Quipper School mendapatkan respon yang positif. Namun, respon kali ini yang tercantum di atas menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran Quipper School di SMA Tunas Luhur Paiton kurang membantu secara maksimal.
Jadi, analisis penulis sesuai dengan respon dari hasil interview yang telah dilakukan terhadap siswa SMA Tunas Luhur Paiton, bahwa penggunaan metode Quipper School di SMA Tunas Luhur Paiton sangat membantu dan memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar baik di sekolah maupun diluar jam sekolah. Namun, ada kendala yang menghambat tersuksesnya penggunaan Quipper School tersebut diantaranya adalah jaringan internet yang terbatas, serta pemahaman siswa yang minim akan penggunaan Quipper School tersebut.










BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
            Berdasarkan hasil penelitian analisis hasil dan pembahasan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.      Respon dari siswa SMA Tunas Luhur Paiton tentang penggunaan media Quipper School cukup beragam, namun secara garis besar respon siswa menyatakan respon yang positif yaitu terbantu dengan adanya Quipper School dalam pemberian tugas guru terhadap siswa.
2.      Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa SMA Tunas Luhur Paiton terbantu dalam penerapan media pembelajaran Quipper School.

5.2 Saran
            Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis. Maka,  saran yang dapat disajikan oleh penulis adalah sebagai berikut:
            5.2.1 Saran bagi Siswa
                        Dari penelitian ini, siswa SMA Tunas Luhur Paiton diharapkan lebih aktif dalam mengerjakan tugas terutama dalam penggunaan media pembelajaran Quipper School.
            5.2.2 Saran bagi Guru
                        Dari penelitian ini, guru di harapkan memiliki wawasan dan dapat mengembangkan dan menciptakan sistem pembelajaran yang lebih baik lagi bagi siswa SMA Tunas Luhur Paiton.
            5.2.3 Saran bagi Peneliti Lain
            Dari penelitian ini,penulis menyarankan bahwa lebih teliti dalam pemilihan judul agar dalam penelitian tidak menyulitkan anda untuk meneliti suatu objek yang anda pilih, selalu semangat dalam mengerjakan dan jangan menunda waktu dalam mengerjakan Tugas Akhir dan selalu konsisten terhadap komitmen serta jangan lupa selalu berdoa kepada Allah swt. Karena, yang menentukan segalanya adalah diriNya.












DAFTAR PUSTAKA

(Online)           http://guraru.org/guru-berbagi/layanan-e-learning-quipper-school-    gratis (Diakses pada, 26Januari 2016 )
                        (Diakses pada, 26 Januari 2016 )
(Online)           https://id.techinasia.com/quipper-school-platform-belajar-online-smp-sma-indonesia/ (Diakses pada, 26 Januari 2016 )
(Online)           http://www.slideshare.net (Diakses pada, 27 Januari 2016 )
(Online            )           http://www.cpns2015.com (Diakses pada, 27 Januari 2016 )
                        (Diakses pada, 27 Januari 2016 )
(Diakses pada, 27 Januari 2016 )
(Diakses pada, 27 Januari 2016 )
 (Diakses pada, 12 Februari 2016 )
(Diakses pada, 12 Februari 2016 )
(Diakses pada, 27 Februari 2016 )
(Diakses pada, 15 Maret 2016 )
                                                                           




KHOLID USMANI ALFARISI






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEL SEKOLAH BERBAHASA INGGRIS - SMP Insan Terpadu Paiton

Surat Undangan Wali Santri Pondok Pesantren Islamiyah Syafi'iyah

SOP ASRAMA SMP INSAN TERPADU 2018- KHOLID USMANI